Harga transfer
Harga transfer (transfer price) adalah harga
yang dibebankan jika satu segmen perusahaan menyediakan brang atau jasa kepada
segmen lain dari perusahaan yang sama.
Pendekatan umum untuk menetapkan harga
transfer sebagai berikut:
1. Memperbolehkan
manajer terlibat dalam transfer untuk mengalokasikan harga transfer mereka
sendiri.
2. Menetapkan
harga transfer berdasarkan biaya (at cost) menggunakan biaya variable ataupun
biaya penuh (penyerapan).
3. Menetapkan
harga transfer berdasarkan harga pasar.
Tujuan Harga Transfer
Harga transfer yang terjadi antar unit harus mencapai
beberapa tujuan, antara lain:
·
Memberi informasi yang relevan kepada masing-masing unit usaha untuk
menentukan imbal balik yang optimum antara biaya dan pendapatan perusahaan.
·
Menghasilkan keputusan yang selaras dengan cita-cita (meningkatkan laba
unit usaha namun juga dapat meningkatkan laba perusahaan).
·
Membantu pengukuran kinerja ekonomi dari unit usaha individual.
·
Sistem tersebut harus mudah dimengerti dan dikelola.
-
Harga
transfer devisi penjualan berdasarkan Biaya
Banyak
perusahaan menetapkan harga transfer berdasarkan biaya variable atau biaya
penuh (serapan) yang ditimbulkan oleh divisi penjualan. Walaupun penerapa
pendekatan biaya untuk penetapan harga transfer ini elatif sederana tetapi
memiliki beberapa kekurangan.
1.
Penggunaan biaya
terutama biaya penuh sebagai harga transfer dapat mengarah pada keputusan yang
buruk dan oleh karenanya pada suboptmalisasi.
2.
Jika biaya digunakan
harga transfer, divisi penjualan tidak akan pernah menghasilkan laba dari
setiap transfer internal.
3. Penentuan
harga transfer yang berdasarkan pada biaya adalah bahwa metode ini tidak
menyediakan insentif untuk mengendalikan biaya.
Harga transfer
Negosiasi
Harga
transfer negosiasi (negotiate transfer
price) adalah harga transfer yang disepakati antara devisi penjualan dan divisi
pembelian.
Keunggulan harga transfer negosiasi:
1. Pendekata
ini melindungi otonomi, divisi dan konsisten dengan semangat desetralisasi.
2. Manajer
divisi cenderung memiliki informasi yang lebih baik mengenai potensi biaya dan
manfaat dari transfer tersebut daripada pihak-pihak lain di dalam perusahaan.
Dalam harga transfer negosiasi para
mananer hanya akan menyepakati apabila ada peningkatan laba pada divisinya
seperti:
-
Divisi penjualan akan
setuju untuk mentransfer hanya, jika laba divisi penjualan meningkat akibat transfer. (harga
batasan bawah)
-
Divisi pembelian akan
setuju untuk transfer jika laba divisi pembelin meningkat akibat transfer.
(harga batasan Tertinggi)
Contoh:
Harris
dan Louder, Ltd., memiliki restoran siap saji dan produsen makan kecil dan
berbagi miniuman salah satunya adalah Bir Jahe. Harris dan Louder, Ltd baru saja membeli Divisi baru, Imperial
Beverage yang memproduksi Bir Jahe. Direktur Imperial Beverage mengajak
direktur Pizza Maven mengenai pembelian Bir Jahe Imperial Beverage untuk
penjualan di Pizza Maven untuk menggatikan Bir Jahe yang biasa dipakai, Manajer
pizza Maen setuju sutuju bahwa Bir Jahe imperial Beverage dan Bir Jahe yang
biasa dipakai itu kualitas sebanding. Yang menjadi masalahnya hanyalah harga.
Imperial
Beverage
|
|
kapasitas
produksi Bir Jahe setiap bulan
|
10.000
barel
|
biaya
variabel Bir Jahe
|
£. 8
per barel
|
biaya
tetap
|
£.
70.000
|
harga
Jual Bir Jahe Imperial Beveage dipasar luar
|
£. 20
pe barel
|
Pizza
Maven
|
|
harga
beli merek Bir Jahe yang biasa digunakan
|
£ 18
per barel
|
konsumsi
bir Jahe bulanan
|
2.000
barel
|
-
Harga
pokok transfer devisi penjualan yang dapat di terima
Divisi
penjualan hanya Imperial Beverage akan tertarik pada transfer jika labanya meningkat. Yang pasti bahwa
harga transfer tidak boleh dibawah biaya variable per barel yaitu sebesar £8
-
Harga
pokok transfer devisi pembelian yg paling tinggi yg dapat diterima
Divisi
pembeli Pizza Maven, akan tertatik transfer jika labanya meningkat. Dalam kasus
ini apabila divisi pembeli apabila memiliki pemasok luar, maka manajer hanya
perluh membandigkan harga mana yang paling rendah.
atau
jika tidak ada pemasok luar:
-
Devisi
penjualan dengan kapasistas yg menganggur, tidak menganggur dan beberapa yg
menganggur
ü Divisi
penjulan yang memiliki kapasitas menganggur
Di
umpamakan bahwa Imperial Beverage memiliki kapasitas menganggur yang dapat digunakan
untuk mencukupi kebutuhan Bir Jahe di Pizza Maven tanpa harus mengurangi
penjualan regular. Per bulan Imperial Beverage hanya menjual 7.000, jadi masih
ada 3.000 untuk melayani permintaan Pizza Maven sejumlah 2.000 per bulan.
Berapkah kisaran harga transfer yang akan membuat kedua divisi lebih baik?
·
Divisi penjual
karena
Imperial Beverage memiliki kapasitas menganggur, jadi tidak akan kehilangan
penjulan regular, maka divisi akan menetapkan harga transfer terendah
adalah £8 per babel.
·
Divisi Pembeli,
Pizza Maven dapat membeli Bir Jahe dengan harga £18 dari pemasok luar, maka
Pizza Maven akan menetapkan harga tertinggi adalah £18 per babel.
ü Divisi
Penjulan Tanpa Kapasitas Menganggur
Anggaplah
bahwa Imperial Beverage tidak memiliki kapasitas menganggur, Ia menjual 10.000
babel per bulan kepasar dengan harga £20
per babel. Sehingga untuk memenuhi permintaan Pizza Maven, Imperial Beverage
harus mengorbankan 2.000 babel dari peelangga regulernnya. Pada kaisara
berapakan harga transfer kedua divisi lebih baik?
·
Deivisi penjulan,
Imperial Beverage tertarik pada transfer hanya jika:
Karena
Imperial Beverage tidak memiliki kapasitas menganggur, maka terdapat penjulan
keluar yang hilang. Margin kontribusi per babel atas penjulan luar ini adalah £12 (£20-£8)
jadi, menurut divisi penjualan, harga transfer harus menutupi pendapatan atas penjualan yang hilang yaitu £20
per babel.
·
Seperti sebelumnya
divisi pembelian, Pizza Maven, tidak akan bersedia membayar diatas £18 per
babel seperti yang telah dibayarkan pada pemasok luar.
Oleh karena itu divisi penjualan akan berkeras pada
harga transfer paling tidak £20 per
babel. Tetapi divisi pembeli akan menolak setiap harga transfer diatas £18 per
babel.
ü Divisi Penjualan Memiliki Beberapa Kapasitas
Menganggur
Sekarang
umpamakan bahwa Imperial Beverage menjual 9.000 babel per bulan dipasar, maka
Imprial Beverage hanya dapat menjual 1.000 babel ke Pizza Maven, mereka tidak
dapat membeli 1.000 babel dari Imperial Beverage dan 1.000 dari pemasok luar.
Sehingga untuk mengisi 2.000 pesanan Pizza Maven, Imperial Baverega harus
mengorbankan 1.000 dari pelanggan regulanya. Pada kaisar berpakah harga
transfer kedua divisi ini lebih baik.
·
Seperti sebelumnya,
divisi penjualan, Imperial Beverage, akan bersikeras pada harga transfer harus
menutupi biaya-biaya variable dan biaya peluang mereka:
Karena
imperial Beverage Tidak memiliki kapasitas yang cukup intuk memenuhi seluruhnya
pesanan Pizza Maven. Maka akan kehilangan margin kontribusi atas penjualan
1.000 babel.
·
Seperti sebelumnya
divisi pembelian, Pizza Maven, tidak akan bersedia membayar diatas £18 per
babel seperti yang telah dibayarkan pada pemasok luar.
Dengan penggabungan persyaratan-persyaratan dari
divisi penjulan dan divsi pembelian kaisaran harga yang dapat diterima adalah:
-
Evaluasi
atas harga transfer yg dapat dinegosiasikan
Transfer
hanya akan terjadi Jika transfer dalam suatu perusahaan akan mengakibatkan laba
yang lebih tinggi bagi perusahaan. selalu terdapat suatu kisaran harga transfer
yang memungkinkan baik divisi penjualan maupun pembelian juga akan mendapatkan
laba lebih tinggi jika mereka sepakat
dengan harga transfe.
-
Aspek
internasional dari harga pokok transfer
Sasaran
penentuan harga transfer
|
Internasional
Pajak, bea cukai, dan tariff yg lebih sedikit
Resiko nilai tukar yang lebih rendah
Posisi kompotitif yang lebih baik
Hubungan pemerintah yang lebih baik
|
Domestik
Otonomi divisi yang lebih besar
Motivasi yang lebih besar bagi manajer
Evaluasi kenirja yang lebih baik
Kesesuaian
tujuan yang baik
|
Saranan
penentuan harga transfer berubah apabila melibatkan perusahaan multinasional
serta barang dan jasa di transfer melalui batas Negara.
Tujuan
penentuan harga transfer internasional beerfkus pada meminimaalkan pajak, bae
cukai, dan resiko nilai tukar mata uang asing, serta meningkatkan posisi
kompotitif perusahaan dan memperbaiki hubungan dengan pemerintah asing.
No comments:
Post a Comment