PENGERTIAN DAN KONSEP BIAYA RELEVAN, SUNK COST, AVOIDABLE COST DAN OPPORTUNITY COST
Biaya relevan (relevant cost) adalah biaya yang berbeda diantara berbagai alternative yang tersedia.
Biaya yang dapat dihindari (avoidable cost) adalah biaya yang dapat dihilangkan baik seluruhnya maupun sebagian dengan memilih salah satu dari alternative yang tersedia.
Biaya tertanam (sunk cost) adalah biaya yang telah terjadi dan tidak dan tidak dapat dihindari, apapun keputusan yang dibuat oleh manajer. Biaya tertanam akan selalu sama, tidak memiliki pengaruh terhadap berbagai alternative yang dipertimbangkan, biaya tersebut selalu tidak relevan dan harus diabaikan.
Biaya kesempatan (opportunity cost) adalah p otensial yang akan hilang bila salah satu alternative telah dipilih dari sejumlah alternative yang tersedia.
PENERAPAN BIAYA RELEVAN PADA BERBAGAI KONDISI
· memutuskan untuk mempertahankan atau menghentikan suatu lini produk
keputusan apakah akan mempertahankan atau menghentikan lini produk atau segmen perusahaan menjadi bagiaan yang sulit yang ahrus dihadapi oleh para manajer.
Contoh analisis biaya :
Anggaplah ada tiga lini produk utama di Hanaya White Company yaitu pakain, kosmetik, dan sepatu, informasi biaya dan penjualan perbulan sebagai berikut.
| lini Produk | |||
| total | pakain | kosmetik | sepatu |
penjualan | $250,000 | $125,000 | $75,000 | $50,000 |
dikurangi beban variabel | 105,000 | 50,000 | 25,000 | 30,000 |
margin kontribusi | 145,000 | 75,000 | 50,000 | 20,000 |
dikurangi beban tetap | | | | |
gaji | 50,000 | 29,500 | 12,500 | 8,000 |
iklan | 15,000 | 1,000 | 7,500 | 6,500 |
utilitas | 2,000 | 500 | 500 | 1,000 |
depresiasi peralatan | 5,000 | 1,000 | 2,000 | 2,000 |
sewa | 20,000 | 10,000 | 6,000 | 4,000 |
asuransi | 3,000 | 2,000 | 500 | 500 |
Administrasi Umum | 30,000 | 15,000 | 9,000 | 6,000 |
Total biaya Tetap | 125,000 | 59,000 | 38,000 | 28,000 |
Laba(Rugi) operasi bersih | 20,000 | 16,000 | 12,000 | -8,000 |
Dalam informasi biaya dan penjualan diatas manajer akan berpikir bagaimana meningkatkan kinerja perusahaan secara menyeluruh, karena salah satu lini produk-Sepatu mengalami kerugian pada bulan tersebut. Dalam kasus seperti ini manajer akan memutuskan apakah lini produk sepatu akan dipertahankan atau dihentikan? dengan mengidetifikasikan mana biaya yang dapat dihindari dan mana biaya yang tidak dapat dihindari atau tidak relevan? Keputusan ini seharusnya dibuat dengan pendekatan:
Jika Lini produk Sepatu akan dihentikan, perusahaan akan kehilangan Margin Kontribusi sebesar $20.000 per bulan, tetapi dengan menghentikan ini juga ada kemungkinan untuk menghindari beberapa biaya tetap seperti dengan menghentikan beberapa karyawan, mengurangi biaya iklan, jika dengan menghapus lini produk sepatu. Perusahaan dapat menghindari biaya tetap yang lebih besar dari Margin Kontribusi maka lebih baik apabila perusahaan menghapus lini ini karena laba meningkat secara keseluruhan. sebaliknya jika perusahaan tidak dapat menghidari biaya tetap yang lebih besar dari margin kontribusi maka lebih baik lini ini dipertahankan.
Format perbandingan
Beberapa manajer lebih menyukai pendekatan pengambilan keputusan dengan format perbandingan dengan menyusun laporan laba rugi komparatif yang menunjukkan dampaknya terhadap perusahaan secara keseluruhan, mengenai apaka menghentikan atau suatu lini produk.
· Keputusan Membuat atau Membeli
Beberapa perusahaan mengendalikan seluruh aktivitasnya dalam rantai nilai mulai dari mengahsilkan bahan baku sampai ke distribusi barang jadi, tapi ada juga perusahaan yang memilih untuk melakukan integrasi dangan skala yang lebih kecil dengan membeli beberapa komponen atau bahan baku yang digunakan produksi barang jadi.
Keputusan untuk memnmbuat atau membeli (Make or Buy decision) adalah keputusan untuk memproduksi sendiri secara internal atau membeli dari pemasok.
Aspek strategi Keputusan Membuat Atau Membeli
Integrasi verikal memberikan keuntungan tertentu. Perusahaan yang teritegrasi dapat mengurangi ketergantungan pada pemasok dan dapat merancang alur komponen dan bahan baku dengan lebih baik dibandingkan dengan perusahaan yang tidak terintegrasi. Sebagai contoh:perusahaan yang tidak teritegrasi kemunhkinan akan ketidakcocokn pada pemasok utama yang akan menyebabkan ternggaggunya operasi perusahaan selama berbulan-bulan, sedangkan perusahaan yang terintegrasi yang memproduksi sendiri komponen-komponen yang dibutuhkannya mampu terus melanjutkan operasinya.
Keuntungan integrasi verifikal di imbangi dengan keutungan menggunakan pemasok luar. Dengan mengumpulkan data permintaan dari sejumlah perusahaan , pemasok dapat menikmati skala ekonomis dalam riset pengembangan dan dalam proses produksinya. Skala ekonomis ini dapat mendorong kualitas yang lebih tinggi dan biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan membuat sendiri komponen yang diperlukan.
Biaya Peluang
Jika sebuah perusahaan memutuskan untuk mengguanakan pemasok luar, maka akan ada suatu tempat (ruangan) yang sebelumnya digunakan untuk memproduksi barang yang akan menganggur, jika ruangan ini dapat dipakai untuk memproduksi barang lain, dalam kasus ini,ruangan tersebut dapat dikatakan memiliki biaya peluang sebesar margin segmen yang dihasilkan dari alternative terbaik penggunaan ruangan tersebut.
· Pesanan Khusus
Pesanan Khusus (special order) adalah pesanan pada waktu tertentu yang bukan merupakn hasil dan kegiatan normal perusahaan. Dalam kasus ini manajer akan mengevaluasi apakah pesanan khusus ini dapat diterima dan apabila diterima berapaka harga yang akan ditetapkan untuk pesanan khusus tersebut.
Contoh :
Hanaya Shop baru saja menerima permintaan dari seorang pelanggan untuk membuat Jilbab yang dimodifikasi sebanyak 100 unit dengan harga $15 per unit. Harga normal dari Jilbab adalah $20 per unit dengan harga produksinya $17 per unit seperti berikut:
Bahan Baku Langsung | $6 |
Tenaga kerja | $2 |
Overhead Manufactur | $9 |
Biaya produksi per unit | $17 |
Bagian Overhaed manufacture diatas hanya $2, dan biaya moti yang dipesan $2. Pesan ini tidak mempengaruhi penjualan lainya.
Bagaimana dampak menerima pesanan khusus tersebut terhadap laba bersih perusahaan?
| | Total 100 |
| per unit | Jilbab |
peningkatan penjualan | $15 | 1500 |
penmbahan biaya | | |
biaya variabel | | |
bahan baku langsung | 6 | 600 |
tenaga kerja langsung | 2 | 200 |
overhead | 2 | 200 |
motif khusus | 2 | 200 |
total biaya variabel | $12 | 1200 |
penanbahan laba bersih | | $300 |
Walaupun pesanan khusus dibawa biaya produksi normal dan menimbulkan biaya tambahan tapi pesanan khusus akan meningkatkan laba bersih perusahaan sesuai pendapatan dari pesan khusus.
· Penggunaan Sumber Daya yang Terbatas
Perusahaan manufaktur biasanya menghadapi keterbatasa jam kerja mesin dan jam tenaga kerja langsung, pada saat keterbatasan sumber daya tersebuti kemampuan perusahaan akan terbatas untuk memuaskan kebutuhannya. Perusahaan akan menganggap itu saebagai kendala (constrain) sehingga manajer harus memikirkan bagaimana sumber daya yang terbatas tersebut digunakan.
Mengelola Kendala
Salah satu aspek pengelolaan kendala adalah memutuskan cara terbaik , untuk meningkatkan kapasitas secara efektif proses yang menjadi kemacetan.
Kapasitas kemacetan dapat secara efektif di tingkatkan dengan beberapa cara:
1. Bekarja lembur di area yang mengalami kemacetan
2. Memberikan subkontrak untuk pemrosesan yang mengalami kemacetan
3. Investasi mesin tambahan pada operasi yang mengalami kemacetan
4. Menggeser tenaga kerja dan proses yang tidak mengalami kemacetan kedalam proses yang mengalami kemacetan.
5. Menfokuskan usaha perbaikan
6. Mengurangi produk cacat
· Biaya Produk Gabungan atau Pendekatan Kotribusi
Biaya produk gabungan atau pendekatan konrtibusi adalah biaya produk dari input bahan baku tunggal yang menghasilkan dua atau lebih jenis produk yang diproduksi dari input yang sama sebagai produk gabungan (joint Product). Titik pisah (split-off) adalah dalam proses produksi dimana titik teresebut biaya produk gabungan dipisahkan dan dapat ditentukan sebagai produk yang tersendiri.
Kesulitan Alokasi biaya produk gabungan adalah biaya umum terjadi untuk memproduksi berbagai macam produk akhir secara simultan. Meskipun alokas biaya produk gabungan dibituhkan untuk memenuhi beberapa tujuan seperti penilaan persediaan dalam neraca, alokasi seperti ini harus mendapatkan perhatian khusus secara internal dalam proses pengambilan keputusan. Keputusan untuk menjual atau memperoses lebih lanjut.
bgini mbak mis konsumen memiliki uang 100 dia ingin membeli 2 buah barang barang a=20 barang b=50 hitunglah biaya peluan ab dan ba..sy masih blom mengerti ini mbak bisa tolong jelaskan
ReplyDeleteNo deposit bonus codes | Casino in Oregon
ReplyDelete$50 세종특별자치 출장마사지 no deposit bonus with 200 free spins 김제 출장안마 + 100 free spins on 대구광역 출장샵 Mega Moolah's 청주 출장샵 We've done 포항 출장안마 it all with $200 worth of free spins!